Mengapa Web di Anggap memberatkan server namun ketika pindah hosting tidak masalah ?

Pertanyaan ini tentunya sering menjadi pertanyaan bagi customer yang pernah mendapat pengalaman ketika pihak provider hosting mengatakan bahwa account anda memberatkan server dan terkadang menyarankan untuk move ke VPS.

Banyak penyebab , namun akan coba kami jelaskan secara teknis agar tidak terjadi kebingungan dan kadang muncul banyak sekali asumsi-asumsi negatif terhadap provider hosting tersebut. Pindah hosting bukanlah solusi permanent karena banyak hal yang harus di cermati ketika memutuskan untuk pindah hosting.

 

Kembali lagi ke pertanyaan awal :

Mengapa web di anggap memberatkan server namun ketika pindah hosting tidak masalah ?

 

Penjelasan teknisnya banyak namun akan kami coba jelaskan yg umum saja sbb :

 

Limit Resources Berbeda Setiap Provider 

Setiap provider memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai limit resources usage sebuah paket hostingnya, contoh personal dan business tentunya berbeda limitnya. Dan sebuah shared hosting artinya berbagi dengan user lainnya sehingga aturan limit ini di buat untuk tujuan yang baik agar server tidak mengalami overload dan lebih stabil.

 

Kondisi Real Time Muatan Server  Saat Pindah Hosting

Ini yang sering terjadi ketika muncul pertanyaan ” mengapa di hosting lain tidak masalah ? ”  pada saat anda pindah ke tempat lain, bisa jadi kondisi server tujuan belum terlalu memiliki banyak user atau belum banyak user yang abusive ( menghabiskan ram & cpu ) sehingga account anda masih aman2 saja, namun ketika sudah mulai ada lonjakan pada total server load bisa jadi account anda akan terkena limit kembali.

 

Module & Function Berbeda dari setiap provider

Setiap provider memiliki spesifikasi modul yang berbeda2 dalam sebuah server. Contoh bila saat ini web di anggap overload, bisa karena semua module dan function web anda yang terhubung ke PHP semuanya terkoneksi sehingga menimbulkan proses berlebihan pada server. Sedangkan ketika pindah hosting, server tujuan men disable modul2 server, sehingga beberapa script website anda tidak berjalan namun anda tidak mengetahui detailnya, sehingga proses2 yg memberatkan tadi tidak berjalan.

 

Solusinya Bagaimana ?

Sebelum memutuskan pindah hosting sebaiknya lakukan hal ini :

  • Cek Plugin yang memberatkan, plugin banyak sekali sehingga hanya anda yang tau fungsi dari masing2 plugin tersebut, namun kami berikan gambaran plugin2 yang memberatkan biasanya memiliki fungsi : stats, query keyword, database, auto tag, auto post, auto link. Bila anda menemukan plugin sejenis itu, silahkan disable biasanya akan mengurangi beban.
  • Cek Plugin yang memungkinkan terjadinya conflict, conflict plugin ini bisa menyebabkan server menjadi overload, conflict ini biasanya muncul di file error_log di folder public_html, segera cek file tersebut dan temukan errornya.
  • Gunakan Plugin Cache, plugin ini terbukti efektif asal di setting dengan benar.
  • Optimasi Database anda, cara simple nya menggunakan phpmyadmin , select all , repair, optimize.

 

Untuk alternatif terakhir :

Bila anda masih menggunakan shared hosting, mohon di ingat shared hosting artinya berbagi dengan user lainnya, sehingga bila memang web/blog anda memiliki traffic visitor yang baik dan siginificant, tidak ada salahnya anda upgrade ke VPS asal sudah melalui solusi di atas. Bila web anda memiliki traffic tinggi namun tetap berada di shared hosting, web/blog anda akan sulit untuk berkembang.

 

 

 

Staff Admin

BIla anda membutuhkan : - Hosting - Domain - VPS - dsb Silahkan menuju web utama kami : https://atriumhosting.com atau : SMS/WA : 081237908888 PIN BBM : 537DD283 Yahoo Messenger : onlineonline09