Pentingnya Backup VPS & Dedicated Server anda

Backup ini adalah hal yang keliatannya sepele, seperti hal asuransi , ketika di sodorkan untuk di tawarkan, akan di tolak mentah-mentah 🙂 hal ini terjadi karena kita sebagai pelaku bisnis menganggap kata backup seperti hal yang kecil dan tidak penting, namun ketika hal buruk benar-benar terjadi , maka backup ini akan menjadi hal yang sangat penting dan merupakan satu-satunya harapan seorang pemilik server.

Kenapa ?

Hal umum mengapa Layanan FTP Backup banyak di tolak karena alasan ini :

1. Saya kan sudah backup server saya pake Standart Backup di server saya , ngapain harus beli lagi

2. Nggak ah, keluar duit lagi dong

3. Seluruh web di dalam vps/dedicated server sangat aman, hacker aja ga bisa masuk, bahkan demit pun ga bisa 🙂

4. Saya orang yg intense dalam hal security bro, semua web yg saya tangani aman,

5. What !!!??? ngapain saya pake backup, Hardware server saya sudah Raid-10 Disk, apa msh kurang ??? gile lu

6. bercanda loe, server gue branded bukan rakitan , so semuanya sudah teruji dengan baik sebelum running

 

Itulah jawaban langsung maupun dalam hati seorang pemilik VPS/Dedicated Server ketika di sodorin backup . Namun perhatikan pertanyaan lanjutan bila anda termasuk pemilik server yg menjawab alasan di atas .

 

1. Kalo anda meletakkan backup secara standart di server yg sama. Bagaimana kalo semisal server anda di hack kemudian di format abis ? atau terjadi harddisk fail/hardware fail ?

2. Memang keluar duit, lbh berharga mana anda menghemat skrg, namun bila terjadi data ilang anda di caci maki orang, dan reputasi anda hancur krn seluruh data klien anda hilang ?

3. Bila anda beranggapan bahwa anda pintar dalam hal security, itu salah besar . NO 100% SECURITY, web seorang hacker pun bisa di hack oleh hacker lain, dan di atas langit masih ada langit 🙂

4. Meskipun anda adalah seorang pribadi yg intense dengan security, apakah anda yakin tidak ada yg lbh pintar dari anda ?

5. Raid-10 sebuah server bisa saja mengalami error di array raid, dan raid adalah hardware yang memiliki kelemahan .

6. Pake server branded maupun no branded tetap saja itu barang elektronik, kerusakannya tidak bisa di duga-duga kapan rusaknya.

 

So, kesimpulan di sini jangan pernah melupakan yang namanya backup, backup itu keliatan sepele, ribet, keluar cost lbh , namun merupakan kunci utama bila terjadi musibah di server anda yang tidak diduga kapan datangnya.

Cara backup paling aman adalah : FTP External Backup

Artinya : Bila anda memiliki Server A, maka backup akan rutin di lakukan di Server B

Untungnya : Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di server A, data tidak hilang dan tetap aman. Anda bisa bersabar menunggu proses recovery hardware server A, atau cara lain dengan cara built server baru sebut saja Server C, kemudian memindahkan backup di server B ke Server C.

Tertarik ? silahkan kunjungi produk kami disini

 

 

Staff Admin

BIla anda membutuhkan : - Hosting - Domain - VPS - dsb Silahkan menuju web utama kami : https://atriumhosting.com atau : SMS/WA : 081237908888 PIN BBM : 537DD283 Yahoo Messenger : onlineonline09