Alternatif Panel Hosting Gratis

Untuk mengelola website dengan berbagai script dan konfigurasi PHP yang lebih komplek serta tipikal customer yang berbeda-beda pula muncul lah berbagai macam panel hosting versi gratis yang sering digunakan oleh user.

Bagi mereka yang tidak mementingkan fitur , panel hosting gratis adalah solusi terbaik untuk mengelola website-website mereka dalam 1 server. Panel hosting gratis ini juga biasanya digunakan untuk layanan hosting yang hanya di pakai secara personal atau sebatas untuk customer milik sendiri dan tidak di perjual belikan , misal seperti jualan hosting , dsb .

Meskipun memiliki keterbatasan fitur , panel hosting gratis ini tetap selalu di cari dan digunakan oleh user yang membutuhkan panel pengelolaan server dengan Interface yang menarik dan simple dari pada menggunakan Lemp Stack dengan manual via ssh.

Ok lah Cpanel/ Directadmin pasti sudah tidak masuk incaran anda , krn panel hosting ini berbayar dan semakin lama semakin mahal .

Nah berikut ini adalah panel hosting gratis yang mungkin bisa anda gunakan sesuai rekomendasi kami sbb :

CONTROL WEB PANEL ( CWP )

Control Web Panel ini tidak berbayar alias gratis anda bisa menggunakan sesuka anda tanpa lisensi , bila anda membutuhkan support, anda bisa langsung menghubungi ke Staff Support mereka di https://control-webpanel.com/, dulunya menggunakan nama Centos Web Panel , kemudian berubah menjadi Control Web Panel.

Apa yang compatible di CWP ini ?

Yang compatible disini adalah :

1. Bisa di install softaculous , seperti halnya cpanel

2. Bisa di install CSF dengan system GUI, seperti di cpanel

3. Bisa Switch PHP Version

4. Terdapat Cpanel Converter, yaitu migrasi dari web berbasis cpanel ke CWP

5. Memiliki Fitur File manager

6. dll masih banyak yang lain yang tidak dapat kami jelaskan satu per satu.

VESTA CP

Vesta CP sebuah software yang dibuat untuk mempermudah melakukan administrasi server dengan mengunakan control panel berbasis web, sama seperti cpanel, bedanya hanya di fiturnya saja.

Vesta CP ini memiliki kemudahan mirip2 dengan CWP , dan mudah untuk di operasikan untuk pemula sekalipun . Silahkan cek url nya di :

https://vestacp.com/

Sangat menarik bukan ?, VestaCP sendiri memiliki varian versi ada yang berbayar dan gratis (Free) perbedaan hanya terletak pada fitur SFTP Chroot . harga dari versi berbayar juga memiliki perbedaan ada yang bayar perbulan $3 dan ada yang lifetime dengan harga $25 jadi kamu hanya akan membayar sekali untuk selamanya.

CyberPanel

Cyber Panel ini adalah salah satu panel hosting versi gratis , panel hosting Cyber Panel ini di rancang untuk menggunakan OpenLitespeed, dan yang membuat juga merupakan salah satu staff teknis dari Litespeed Web Server, namun dengan versi opensource nya. Cyber Panel juga memungkinkan bila anda ingin menggunakan Litespeed enterprise.

Link Developer nya adalah : https://cyberpanel.net/

HESTIA CP

HestiaCP adalah control panel server web open source gratis dan merupakan cabang dari control panel Vestacp yang populer. hestia memiliki interface web yang sederhana dan bersih, dan menawarkan kemungkinan bagi administrator untuk mengelola fitur inti dari server web mereka, termasuk mengelola dan menyebarkan situs web, akun email, dns zone, dan database.

Fitur keunggulan dari HestiaCP adalah ia menawarkan Quick Install Apps, yang berarti ia menawarkan cara cepat untuk menginstal aplikasi web populer. seperti WordPress, Drupal, Joomla, Opencart, Prestashop, Laravel, dan Symfony.

Situs Resminya :

https://www.hestiacp.com/

Setelah anda melihat rekomendasi kami di atas , anda bisa menentukan sendiri mana yang cocok dan sesuai dengan passion anda , krn dari hasil kami menanyakan ke staff kami yg mencoba semuanya , ternyata tidak ada yang seragam , ketika mereka melakukan test , hasil nya bervariasi dan kami tidak bisa memberikan kesimpulan .

Namun bila anda ingin menggunakan VPS untuk digunakan dengan wordpress , tanpa harus susah-susah install2 script seperti di atas , kami di Atrium Hosting memiliki solusi sbb :

WordPress Cloud Server

Jasa Install VPS untuk WordPress

Dengan layanan tersebut di atas anda tidak perlu memilikirkan teknis server lagi , cukup buat web wordpressnya dan kelola wordpressnya , kami bantu kelola server nya .

5/5 - (16 votes)
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888

Exit mobile version