Cara Backup WordPress Dengan Plugin UpdraftPlus

Perlu kita ketahui bahwa tidak ada 100% yang aman di dunia ini , termasuk website anda baik menggunakan wordpress maupun platform cms lain , dan juga apapun layanan hosting yang anda gunakan . Kehilangan data bisa terjadi kapan saja dan dengan cara yang berbeda-beda pula.

Anda mungkin ketika membeli layanan hosting ada provider yang menyediakan backup secara berkala , namun ketika terjadi force majeur seperti bencana : kebakaran , kerusakan hardware server , dsb, provider tersebut juga akan kesulitan untuk recovery , dan recovery ini di pastikan tidak akan secepat dugaan anda.

Bila terjadi kerusakan hardware membuat proses restore website akan menjadi sangat lambat apabila bila kejadian force majeur seperti kebakaran karena dalam1 server atau banyak server bukan hanya website anda saja yang perlu di restore, namun juga customer2 lain yang jumlahnya ribuan. Yang bisa anda lakukan adalah menunggu, menunggu dan menunggu.

Biasanya ketika kita di ingatkan “jangan lupa backup” kita sering menganggap hal sepele dengan alasan sbb :

  • Ah provider sudah backup kok ngapain backup lagi
  • ngapain backup , bayar lagi males ah
  • nanti saja backupnya , lagi repot
  • ya nanti kalo sempat saya backup
  • mahal ah , ga ada anggaran lg buat backup
  • web ga saya apa2in kok jadi ga mungkin rusak

Dari beberapa plugin yang telah kami test , kami mendapatkan ada 1 plugin backup yang menurut kami sangat bagus dan berguna ketika terjadi kehilangan data , yaitu UPDRAFTPLUS Premium Backup.

Untuk versi free nya bisa langsung anda download via wp-admin anda, namun dalam artikel ini contoh menggunakan updraftplus premium.

Nah Bagaimana Cara Backup WordPress Dengan Plugin UpdraftPlus?

Fitur yang terpenting dari ini adalah :

  • Backup ke FTP Backup ke server lain
  • Backup ke Google Drive
  • Backup ke S3 amazon, object storage
  • Backup Local dsb

Silahkan cek gambar berikut :

Kami sangat menyarankan anda membackup dengan Tujuan ke server lain , dan jangan menyimpan secara local di server hosting anda yang sama.

Untuk Backup retention / File Backup Schedule kami ada beberapa saran terbaiknya sbb :

  • Untuk blog yang seminggu 2-3x update , pilih saja Weekly
  • Web company Profile , pilih saja monthly
  • Untuk web penting yang terupdate setiap hari, pilih daily
  • Untuk web critical , pilih 4 hours atau 8 hours,

Mengapa settingan tersebut harus di sesuaikan kebutuhan , tak lain krn resource usage server hosting anda, semakin sering anda membackup, semakin besar sumber daya yg anda pake , dan biasanya ini memberatkan server bila menggunakan shared hosting.

Skenarionya :

Bila terdapat kerusakan website atau kehilangan data website akibat dari kejadian force majeur, anda masih menyimpan backup di server lain . Sehingga bila kejadian yang tidak diinginkan terjadi anda bisa restore website dengan cepat , cukup beli hosting install default wordpress, setting kembali backupnya , sedot otomatis backup dari server backup dan , woalaaa, website anda sudah live kembali seperti sediakala 🙂

Untuk mendapatkan Updraftplus Backup Premium dengan fitur lengkap ini anda tidak dikenakan biaya apapun , AtriumHosting memberikan gratis untuk anda versi GPL ( Jaminan bebas malware ) yang telah di scan dan maintain berkala oleh team kami.

SIlahkan Order gratis tanpa biaya di : WP GPL ITEMS

Kemudian silahkan ke menu download :

Kemudian masuk kategori Updraftplus premium :

Di dalamnya terdapat plugin yang bisa anda download dan gunakan . Kami akan update secara berkala anda bisa update dengan versi baru dengan cara upload ulang versi baru.

Untuk anda yang tidak memiliki layanan cloud hosting di kami , anda bisa mendownload dan berkala cek versi barunya dan akan mendapat akses lebih banyak file , namun tidak dapat request update terbaru, kami akan update berkala bila sudah tersedia meskipun lebih lambat, krn kami kami mengutamkan client existing terlebih dahulu.

#UPDRAFTPLUS #BACKUP #ATRIUMHOSTING

5/5 - (5 votes)
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888