Gagal membuka https di browser

sslerror

Https merupakan encryption protocol untuk melindungi transmisi data dari komputer user ke server penyedia website, sehingga seluruh data penting tidak terexpose dan tidak tersadap melalui jaringan internet yang kemungkinan bisa di bajak.

Gagal membuka https di browser banyak penyebabnya, penjelasannya ada di bawah ini :

  • SSL Expired

SSL memiliki masa expired tergantung dari sang pemilik website, maximal ssl saat ini bisa di beli dengan maximal 3 tahun. SSL yang sudah expired akan menampilkan halaman error.

 

  • Configurasi salah ketika install SSL

SSL bisa mengalami error apabila terdapat kesalahan ketika melakukan instalasi, misal SSL terdaftar menggunakan www, tapi di ssl tidak menggunakan www. Hal ini akan menyebabkan error ketika membuka website berbasis https.

 

  • Kesalahan Jam / Tanggal Komputer Kita

SSL error bisa di sebabkan juga dari Jam/ Tanggal dari komputer yang kita pakai, hal ini terjadi biasanya pada komputer yang baterai CMOS nya sudah habis, sehingga harus di ganti yang letaknya ada di dalam kotak CPU Desktop. Atau Bila anda menggunakan laptop, biasanya krn baterai laptop yang sudah lemah, sehingga tidak dapat menyimpan baterai, itu yang menyebabkan jam tidak berfungsi baik. Bila hal ini terjadi silahkan segera di adjust /atur jam laptop anda, kemudian tutup browser dan buka kembali, problem akan hilang.

 

  • Default SSL Cpanel/WHM

SSL error / not trusted bukan berarti benar2 tidak aman, jadi bila halaman tertulis insecure/ error bukan berarti web tersebut berbahaya, alasan2 yang sudah di jelaskan ada di atas penyebabnya. Namun ada juga penyebab yang lain adalah SSL bawaan dari CPanel/WHM akan menampilkan halaman error pula yang terkesan website tidak aman, padahal tidak seperti itu. SSL bawaan Cpanel/WHM yg di pake juga akan menyebabkan muncul error, sehingga itu tidak masalah. Anda tetap bisa akses dengan cara klik ADD an Exception.

 

  • Browser yang tidak support teknologi SNI

SSL error muncul bisa karena anda masih menggunakan browser dengan versi jadul /lawas, saat ini SSL bisa di install menggunakan Shared IP dengan teknologi SNI , SNI disini bukan Standart Nasional Indonesia ya 🙂 , melainkan Server Name Indication.

 

Demikian penjelasan dari detail penyebab SSL mengalami error.

 

Hosting Free SSL Disini

SSL Murah

 

 

 

Rate this post
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888