Meningkatkan keamanan Joomla

 

Artikel ini diperuntukkan untuk client atriumhosting maupun khalayak umum yang ingin meningkatkan sistem keamanan Joomla 1.5 agar terhindar dari upaya hacking dengan menutup celah vital dalam sebuah website berbasis Joomla 1.5.

Pada kesempatan posting kali ini saya akan menjelaskan bagaimana sih caranya mengamankan Joomla 1.5 anda ? Karena beberapa temen saya sempet bingung juga kenapa webnya Joomla padahal sudah di amankan dan di teliti menurut pendapat dia sih …… tetap saja kena hack ?

Begitu rawan kah Joomla untuk sebuah website ?

Jawaban saya adalah tergantung bagaimana anda mengelola dan mengamankannya ? Karena setiap CMS itu di bangun dengan konsep Pure ( murni ) artinya tidak ada tambahan plugin keamanan tambahan, biasanya yang dilakukan developer besar seperti joomla adalah hanya menutup celah keamanan script kemudian memunculkan versi barunya.

Jangan dikira bila anda menggunakan Joomla versi terbaru anda bisa aman dari sang hacker. Masih untung kalo cuma 1 atau 2 hacker yg ujicoba website anda  , bagaimana bila website anda jadi bahan praktek Forum Hacker yang selama ini ada di Indonesia. Web anda bisa jadi sasaran bahan praktek para newbie hacker yang ingin belajar ngehack.

Bagi saya plugin itu nomor 3 …. yang penting adalah :

1. Pastikan Hosting server anda menggunakan suPHP, tanyakan ini ke penyedia hosting anda, kalo hosternya ga tau mending ga usah hosting disitu, karena itu hal dasar pengetahuan seorang hoster. Kalo bingung cari hosting yang support suPHP klik disini aje

2. Pastikan Chmod permission file2 anda di cpanel

periksa file : index.html, atau index.php anda, chmod ke 400

.htaccess chmod 404

pastikan folder public_html chmod 750, kalo ga, segera di rubah ya

pastikan folder2 lain minimal harus 755, jgn sampai anda melihat ada folder chmod 777

3. Pasanglah plugin ini : bisa di download disini

( versi plugin ini mungkin sudah lama, silahkan googling saja dengan kata kunci hackguard joomla )

Caranya :

Masuk halaman administrator Joomla anda

Extension – Install

brows file yg anda download tersebut…

kemudian …

Masuk ke Extension – Plugin Managed – Enable Yes

Dengan plugin ini maka berbagai serangan seperti hacking, SQL injection, XSS akan dapat di hadang.

Selamat mencoba …..

 

Note :

Artikel ini ditulis pada saat joomla 1.5, saat ini joomla telah mengalami perbaikan versi, silahkan lgs cek dengan cara mencari di google.

Selain Selalu Update Versi Joomla, jangan lupa Server Web Hosting juga berperanan penting dalam keamanan website anda, pilih server terbaik di www.atriumhosting.com

 

Note :

 

Artikel mengenai Joomla 1.5 ini menurut admin sudah tidak relevan mengingat versi joomla sudah lebih tinggi.

Staff Admin

BIla anda membutuhkan : - Hosting - Domain - VPS - dsb Silahkan menuju web utama kami : https://atriumhosting.com atau : SMS/WA : 081237908888 PIN BBM : 537DD283 Yahoo Messenger : onlineonline09