Langkah Awal Bisnis Hosting

Dalam posting ini akan dijelaskan bagaimana sih bila kita ini adalah seorang pemula yang ingin memulai bisnis hosting ? Sedangkan kita tidak memiliki referensi yang cukup untuk menggali semua pengetahuan tentang dunia bisnis hosting.

Saat ini mungkin banyak orang yang mengeluh dengan bisnisnya yang sepi, banyak yang merasakan berbeda jaman dulu dan sekarang. Kalo dulu masih begitu mudah untuk mencari uang, namun sekarang tidak seperti dulu. Kita di hadapkan oleh berbagai resiko bisnis yang dampaknya akan sangat luar biasa untuk financial kita.

Ada juga banyak orang yang mulai membuat bisnis Toko Online, sehingga mereka memiliki alternatif untuk membuka toko. Salah satunya dengan cara membuka Toko Online, yaitu dengan membeli domain, hosting, dan web design. Kemudian toko online itu akan bisa di lihat oleh siapa saja dengan jangkauan yang internasional. Karena dimanapun anda berada sebuah website bisa di lihat dengan mudahnya mengandalkan search engine seperti google, yahoo. dan bing.

Peluang yang begitu besar inilah yang di manfaatkan oleh beberapa orang yang kreatif untuk meraup uang dengan menyediakan tempat hosting. Bisnis hosting inilah saat ini yang menjadi trend saat ini, sehingga banyak orang mulai berbondong-bondong untuk membuka bisnis ini. Anda tau kenapa begitu mudah orang bisa membuka bisnis hosting ini ?

Hal yang membuat orang untuk mudah membuka usaha hosting ini adalah : pertama : karena bisnis hosting yang simple tidak memerlukan SIUP/NPWP, sewa ruko, dsb. Yang diperlukan hanyalah sebuah komputer dan koneksi internet saja untuk melakukan bisnis hosting ini.

Dengan alasan tersebut tidaklah heran bila saat ini banyak sekali orang membuka bisnis hosting ini, namun beberapa bulan kemudian situs bisnis hostingnya sudah tidak bisa di akses lagi, customer support sudah tidak dihubungi lagi, dan parahnya banyak yang sudah membeli hosting ini akhirnya kecewa karena kehilangan duit yang lumayan untuk menyewa sebuah hosting.

Nah, bagaimana sih caranya bila kita memulai bisnis hosting ini kita tidak mengalami gulung tikar alias bangkrut ?

Saya belum akan menjelaskan bagaimana caranya , namun saya akan jelaskan bagaimana merubah main set/pola pikir anda dulu sebelum membuka bisnis hosting. Apa sih main set/pola pikir yang perlu diperhatikan sebelum membuka hosting ?

1. Apakah anda memiliki waktu ?

Adakalanya kita hanya tidak memikirkan opsi yang pertama ini, mereka menganggap bahwa sebuah bisnis hosting bisa dibuat sampingan saja. Bila anda memperlakukan bisnis hosting anda seperti ini, andaikata bisnis hosting itu dapat berbicara, maka bisnis ini akan mengatakan ” km juga sampingan saya, kalo ada waktu ya aku kasi km penghasilan”, nah supaya tidak terjadi hal seperti itu, yang penting adalah anda harus memiliki waktu yang cukup, saya tidak menyuruh anda untuk pelototin komputer anda 24 jam, paling tidak pada saat jam kerja antara jam 8 pagi – 4 sore anda bisa dihubungi, baik itu telp/sms/support ticket. Bila anda tidak ada di rumah, usahakan memakai fasilitas yang perlu untuk anda pertimbangkan, bukannya saya promosi nih, anda bisa menggunakan layanan kartu perdana 3, sehingga anda tetap bisa membalas pertanyaan customer anda, bila memang pengen lebih canggih anda bisa menggunakan blackberry ( ga perlu dulu ya kayaknya 🙂 ). Lepas dari semua itu yang terpenting anda bisa dihubungi/di sms lewat HP itu udah cukup.

2. Apakah Tujuan anda membuka Bisnis Hosting ?

Tegaskan kembali ke diri anda, apa tujuan anda membuka bisnis hosting ini ?

Sebagai core bisnis/side job ? Side job pun sebenarnya tidak ada masalah asal anda bisa memenuhi syarat main set no.1 di atas, you must have time !!

Namun bila ini adalah core bisnis anda, anda akan lebih bisa focus mengelola bisnis hosting anda.

3. Modal

Ini juga penting lho 🙂 Berapa sih modal yang anda alokasikan untuk membuka bisnis hosting ini ? ups …anda tidak usah menjawab, cukup jawab di dalam hati anda saja. Untuk bisnis hosting ini di perlukan modal, modalnya brp dan bagaimana nanti saya jelaskan di bawah ya. Yang penting anda harus tau bahwa semua bisnis memerlukan modal, tinggal bagaimana kita menyesuaikan bisnis hosting ini dengan modal kita.

4. Good Attitude

Good Attitude ini kalo boleh saya jelaskan secara mudah adalah kita harus memiliki pribadi yang baik, memiliki hati yang tidak ingin mengecewakan orang, penuh kesabaran, rela membantu tanpa pamrih dan yang terlebih lagi murah senyum. Anda tau kenapa saya menyebutkan Good attitude ? karena bisnis hosting adalah bisnis jasa, kita menyewakan ruang untuk orang yang ingin mengorbitkan websitenya. Mutlak banget anda memiliki good attitude, karena tanpa ini anda tidak pernah bisa ramah dengan customer anda, anda akan ogah2an membantu customer anda yang sedang kesulitan, dan lari dari tanggung jawab ketika benar2 terdesak. You must have it!

4. Konsep Terburuk dari yang terburuk

Jangan bingung ya….. maksudnya adalah anda harus memiliki perhitungan yang matang sebelum anda terjun di bisnis ini, anda harus memperkirakan modal, pemasukan dan pengeluaran anda. Hal yang terburuk harus anda perhitungkan dan anda pikirkan bagaimana bila itu terjadi dan buatlah skema apa yang harus anda lakukan ketikasemua itu terjadi. Karena bisnis hosting untuk seorang pemula tidaklah mudah, bisa jadi COST lebih besar dari INCOME, percaya saya deh.

5. Semangat Pantang menyerah

Coba selidiki diri anda, apakah anda orang yang mudah untuk menyerah ? Bila ya, anda harus segera mengubahnya, orang yang mudah untuk menyerah tidak cocok di bisnis hosting ini karena akhirnya anda akan patah arang dan lepas dari tanggung jawab.

Ok dari 5 Main Set/ Pola pikir di atas anda harus memilikinya. Anda intropeksi kembali apakah anda sanggup untuk memenuhi kriteria main set/pola pikir seperti di atas ? Bila ya yuk kita lanjut bagaimana carana memulai bisnis hosting ini.

Level Bisnis Hosting

Dimanakan level bisnis hosting anda ? Bila anda belum pernah memiliki website dan tidak pernah mengetahui apa itu cpanel, jgn pernah anda terjun di bisnis ini, di jamin pasti anda akan kelabakan di tengah jalan. Untuk menjalankan bisnis ini diperlukan pengetahuan khusus tentang istilah-istilah di internet dan hosting.

Bila anda seorang pemula bisnis ini, minimal anda harus mengetahui seluk beluk dan istilah hosting terlebih dahulu dan mulailah dari level bisnis hosting yang paling bawah sbb :

– Reseller

Dengan anda mulai dari reseller ini, tentunya biaya yang digunakan untuk membeli hosting akan lebih murah namun anda bisa menjual kembali tanpa harus memiliki server sendiri yang mahal. Anda cukup mendaftar di salah satu penyedia hosting yang menyediakan fasilitas untuk reseller hosting. Untuk bergabung menjadi reseller ini resiko anda bisa di tekan seminimal mungkin, karena server bukan anda yang mengelola, namun tempat anda membeli reseller. Dengan bergabung menjadi reseller, client anda tidak akan pernah tau, dimana anda membeli reseller hosting tersebut di karenakan anda akan di berikan semacam Private Name Server. Anda bebas menentukan harga space hosting dan bandwidthnya, dan bila client ada masalah anda harus bisa menghandlenya.

– VPS

Bila anda sudah pernah lulus level Reseller dan memiliki dana cukup untuk pengembangan, anda bisa menggunakan level yang lebih tinggi di VPS, kepanjangan dari Virtual Private Server dimana dalam 1 server dedicated di bagi menjadi beberapa Virtual server, jadi RAm 1 server di bagi2, namun resource yang anda terima lebih stabil karena anda bisa gunakan full. Harga di jamin lebih tinggu dari reseller, namun anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang linux, karena vps biasanya menggunakan Centos, Redhat, Ubuntu, dsb. Bila anda tidak mengetahui pengetahuan dasar tentang linux, maka anda pasti kelabakan berada di level ini. Yang perlu di ingat lagi adalah bahwa bila anda membeli vps untuk di jadikan bisnis hosting, ada beberapa penyedia vps yang sudah menyediakan paket yang sudah termasuk, Cpanel+Fantastico+WHM, bila tidak termasuk, maka anda akan mengeluarkan duit extra.

– Dedicated Server

Dengan dedicated server tentunya anda tetap saja menyewa server di penyedia jasa hosting atau internet service provider, bedanya gn, bila vps adalah 1 server yang di bagi2, menjadi beberapa virtual. Nah kalo dedicated server ini full anda menggunakan 1 server untuk anda sendiri, biaya ? mahal banget, saya sangat tidak menyarankan ini untuk anda yang masih pemula, meskipun anda memiliki dana yg besar, pembelian server dedicated ini harus di dasari analysis dan riset pasar apakah anda membutuhkannya.

– Colocation Server

Colocation sever ini adalah hampir sama dengan dedicated server, namun colocation ini artinya anda secara lgs maintenance server anda sendiri dengan cara menyewa sebuah rak untuk server, untuk menyewanya dengan cara menyewa dari penyedia hosting/internet service provider yang telah memiliki ruangan di data center, artinya kita nebeng server kita di ruanganya.

Ok sampai sini saya harap anda bisa memahami bahwa memulai bisnis hosting juga tidak mudah seperti yang kita bayangkan. Saran saya mulailah dari level yang paling minimal dulu seperti reseller hosting.

Dan jgn punya pikiran seperti ini “kalo saya bergabung, saya punya website jualan lgs laris dong, asyik!”

Pikiran itu harus anda buang jauh-jauh, memulai bisnis hosting memang memerlukan website & promosi, sebuah situs yang anda buat harus memiliki desain menarik, search engine friendly dan teknik SEO yang benar. Bila anda ingin segera memulai bisnis hosting, anda harus segera membeli domain dan segera buatlah website yang menarik dan sudah anda isi dengan paket produknya meskipun anda belum launching. Tau kenapa ?

Alasannya adalah sebuah situs memerlukan waktu untuk di index dan di kenali oleh search engine seperti Google, Yahoo dan Bing. Minimal domain anda online 2-3 bulan baru bisa di kenali oleh search engine, so belilah domain terlebih dahulu dan desain lah web anda mulai dari skrg.

5/5 - (13 votes)
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888