Mengapa Website kita terkena suspend ?

Dalam sebuah shared hosting itu bisa berasal dari sebuah VPS ( virtual private server) ataukah dari sebuah Dedicated. Bila kita sudah menyebutnya sebagai Shared Hosting, artinya bahwa dengan 1 server tersebut di pakai secara bersama-sama ,dengan jumlah yang bervariasi antara 500 -400 client dalam 1 server dedicated.



Dengan alasan itulah seorang client dari sebuah penyedia hosting harus mematuhi syarat dan ketentuan dari sebuah layanan hosting. Syarat dan ketentuan ini dalam istilah hosting kita biasa menyebutnya dengan Term of Services. Tanpa membaca Term of services (ToS) pun seharusnya kita menyadari bahwa bila kita membeli shared hosting, kita memakai bersama-sama dari space, traffic dan CPU usage. Untuk itulah segala sesuatu yang memberatkan kinerja server harus di hindari.

Apa sih alasan sebuah website kena suspend ?

1. Menggunakan Plugin SEO yang menguras server

Kadang kita ini tidak pernah melihat review dari sebuah plugin seo ini cocok untuk shared hosting atau tidak. Karena setiap plugin memiliki karakter yang berbeda.

Saya coba sebutkan contoh plugin dari sebuah CMS WordPress yang sangat menguras server adalah : Wp-Omatic, GDpress,  WProbot, dan sejenis autoblog.

Bila plugin itu di pasang akan menimbulkan lonjakan CPU usage hingga mencapai 50%, artinya dengan 1 website itu anda memakai 50% dari total server. Bila ini terjadi akses semua pengguna di dalamnya akan ikut terganggu menjadi lambat untuk di akses.

Apa yang tejadi bila beberapa domain menggunakan plugin yang sama dalam 1 server ?

Server Pasti Down

Semua user kena getahnya……………………..

Itulah sebabnya Hoster lebih memilih suspend 1 domain, dari pada 1000 domain kena dampaknya.

Intinya suspend account adalah untuk melindungi pengguna yang lain dalam menggunakan server hosting.

Apasih pertanyaan yang sering di ajukan oleh user bila account cpanel di suspend ?

1. Saya sudah tidak melanggar term of services hosting, kenapa di suspend?

2. Saya hanya memakai plugin standart kenapa di suspend ?

Sebab hoster melakukan suspend account bisa di sebabkan oleh hal-hal sbb :

1. Konflik Plugin yang satu dengan yang lain

2. Terlalu banyak plugin security yang rules plugin itu sendiri bertentengan

3. Jumlah visitor dalam 1 hari lebih dari 700 hits .

4. Script CMS anda memiliki sifat realtime calling ( sehingga melakukan koneksi cron ke web lain dalam waktu singkat)

5. Script CMS memiliki process PHP yg tidak resolve dengan cepat

6. Spam Comment / Hacking from comment

Bila spam comment ini di lakukan secara terus menerus, maka plugin security akan bekerja keras untuk menahan serangan spam comment ini, sehingga terjadi load server yang berlebihan.

7. Upaya hacking/ddos attack  terhadap website anda yang berdampak ke server pusat.

8. Spam Email/email massal : seringkali kita menggunakan share hosting sebagai media untuk melakukan email massal, tidak ada yg salah dengan ini. Namun pengiriman email biasanya di batasi oleh hoster misal 500 email per jam. Bila anda ingin mengirim lebih dari 500 email untuk member anda, gunakanlah script yang bisa melakukan proses throthling sehingga email akan dikirimkan bertahap. Karena tumpukan queue email akan menyebabkan load server meningkat.



9. Normal nya sebuah wordpress sejauh kami melakukan pengamatan maximal 10 plugin dalam 1 blog. Bila lebih dari itu maka proses calling blog tersebut memerlukan load server yg cukup lumayan.Bila blog anda memiliki misal 40 plugin artinya terlalu berlebihan 🙂

10. Menggunakan cronjob dengan frekwensi yang terlalu sering misal per 2 detik

11. Menggunakan aplikasi yang di larang, misal : IRCD, bot, eggdrop, games, video dsb

Hoster sejauh kami mengamati, termasuk AtriumHosting tidak pernah semena-mena melakukan suspend account client. Namun kami berusaha untuk melakukan antisipasi dengan cara :

– mengirim email pemberitahuan bahwa penggunaan cpu terlalu berlebihan dan menyarankan untuk melakukan cek ulang website

Bila kondisi load server mengkawatirkan ( emergency ) makan tindakan mengirim email ini akan kami skip, dan akan dilakukan suspend terlebih dahulu, setelah itu baru diberitahukan ke klien .

Kenapa begitu ?

Karena bila kondisi load server mendekati 30% artinya kinerja server mulai melambat, bila hoster melakukan pengiriman email dahulu dan menunggu balasan serta perbaikan yang terlalu lama, maka waktu tidak akan mencukupi dan server sudah down duluan. Itulah sebabnya kenapa account anda di suspend tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Solusinya ?

Bila account anda di suspend, artinya terjadi sesuatu di web anda, so anda tidak perlu marah2 ke hoster, karena dalam hal ini hoster bertindak benar atas dasar tidak ingin server down dan server stabil.

Hubungi hoster anda, bicarakan baik-baik dan carilah solusi bersama-sama, dengan begitu masalah akan terselesaikan dengan baik.

Ingin aman dari Suspend lagi ?

– Pake VPS Unmanage / VPS Full Manage

– Upgrade ke paket business



  • Staff Admin
  • BIla anda membutuhkan :

    - Hosting
    - Domain
    - VPS
    - dsb

    Silahkan menuju web utama kami : https://atriumhosting.com

    atau :

    WhatsApp : 081237908888
    Email : admin@atriumhosting.com

Belum Punya Hosting Domain ?

Yuk Mampir ke AtriumHosting.Com Klik DISINI