Membangun Website Hosting

Posting kali ini adalah kelanjutan dari artikel  yang sebelumnya yang berjudul Langkah awal Memulai Bisnis Hosting. Bila anda sebelumnya belum membaca artikel tersebut silahkan di baca terlebih dahulu. Karena di posting saya kali ini adalah lanjutan dari artikel tersebut.

Membangun sebuah situs untuk bisnis hosting agak lah berbeda dari pada kita membuat sebuah blog dan website biasa. Membangun website untuk jualan hosting harus mengedepankan teknik SEO yang benar.

Langkah apa saja yang harus disiapkan sebelum membuat website untuk bisnis hosting ?

1. Domain

Siapkan domain yang mudah dan singkat, namun memiliki arti yang bagus. Memiliki ejaan yang tidak sulit untuk di hafalkan. Kenapa harus begitu ? Karena nama domain yang seperti itu akan mudah untuk diingat, dan bila semakin terkenal maka domain akan berada di bawah alam bawah sadar. pengunjung situs anda Contohnya gini sewaktu ada orang yg sering buka situs anda, maka otomatis secara tidak langsung nama domain/brand anda akan selalu ada di otak orang tersebut. Ketika pengujung itu bertemu dengan orang lain yang sedang mencari hosting, maka pengunjung situs itu akan secara reflek menyebut nama hosting anda yg anda buat sebagai domain. Promosi dari mulut ke mulut inilah yang nantinya menjadi alat promosi paling ampuh. Bagaimana bila sebuah nama domain memiliki nama yang rumit misal : host123xzklaksasjsahhsa.com ? 🙂 bagaimana nama domain itu bisa di ingat bukan ? he he he so gunakanlah nama domain yg bagus.

Mungkin ada beberapa orang setelah membaca artikel ini berkata ,” ah saya pengen juga nih jualan hosting , tapi ga sekarang, nanti aja tahun depan ” . Bila anda memiliki pemikiran seperti itu lebih baik anda belilah domain itu sekarang, karena umur sebuah domain akan mempengaruhi popularitas anda nantinya. Belilah domain, dan onlinekan, isi dengan halaman yang anda beri tulisan hosting murah, dsb. Dengan begitu domain anda akan diperhitungkan oleh search engine sewaktu anda launching hosting anda. Ibaratkan nama toko, anda sudah harus memiliki nama toko nya 🙂

2. Mencari Mitra Hosting

Bila anda sudah memiliki Domain, saatnya anda harus survey terlebih dahulu, cobalah mencari di google dengan kata kunci misal : reseller hosting USA murah, Reseller hosting murah, dsb. Anda kumpulkan data2 tersebut dan harganya anda perhitungkan untung ruginya. Banyak sekali penyedia reseller hosting yang menawarkan produknya namun bila kita jual memiliki keuntungan yang terlalu sedikit namun dengan cost yang mahal. Kalo perlu anda print situsnya sehingga nantinya anda lebih mudah untuk memutuskan penyedia hosting mana yang akan anda pakai untuk mitra bisnis hosting.

Carilah penyedia reseller hosting yang memiliki reputasi dan sudah lama bekecimpung di dunia perhostingan. Sah2 saja bila anda mencari yang murah , namun harus berkualitas dan di penyedia reseller hosting yg OK pula. 

Bila kita salah dalam memilih mitra hosting, maka bola panas akan berada di tangan anda. Ok lah bila anda masih memiliki 10-20 customer, namun anda bayangkan bila anda memiliki 1000 lebih client yang tersebar di seluruh Indonesia dan manca negara kemudian seketika itu juga server mengalami down … seluruh client akan komplain ke anda semua dari sabang sampai merauke dan seluruh dunia. Tentunya anda tidak mau kan mengalami hal seperti ini ? 🙂 So jangan sampai salah pilih ya…….

Carilah sebisa mungkin yang menyediakan reseller kapasitas besar, hindari paket reseller yang menyediakan unlimited space . Karena jargon unlimited space biasanya memiliki server yang sesak, sehingga kestabilannya di pertanyakan untuk kedepannya.

Lihat sisi fitur bila anda hendak memilih mitra hosting untuk reseller. Berapa jumlah add on yang diperbolehkan ? Berapa quota space yang di perbolehkan tiap bulan, berapa quota database dsb. Fitur ini juga penting untuk anda perhitungkan karena nantinya ini akan menjadi selling point untuk jualan hosting.

3. Bikin Website atau CMS

Bila anda tidak mau repot dengan pembuatan website yang professional, anda bisa meminta seorang jasa web designer untuk merancang web anda. Tapi saran saya bangunlah website itu oleh anda sendiri. Tau kenapa ? Karena dengan anda membangun website sendiri maka anda mengerti seluk beluk tentang website ini. Mungkin ada yang berkata begini, ” ah saya kan tidak mengerti bahasa pemrograman”. 🙂 Bila anda berkata demikian, anda bisa menggunakan CMS yang terkenal saat ini seperti Joomla/Wordpress untuk membangun situs anda. Joomla adalah CMS yang powerfull untuk berbagai macam bentuk website. Bagaimana dengan wodpress ? mungkin anda sedikit meremehkan CMS WordPress ini, “kan ini untuk blog ” , siapa bilang ? WordPress sekarang tidak seperti dulu lagi, anda bisa menyulap sebuah cms blog wodrpress menjadi mesin uang, dengan wordpress ini website anda bisa anda kembangan menjadi sangat powerfull, justru dari teknik SEO, wordpress ini yang terbaik.

4. Investasi Kecil

Bila 3 hal di atas anda sudah memahami. Mulailah investasi hal-hal kecil, seperti modem dan komputer. Anda cek kembali apakah komputer anda cukup untuk melakukan koneksi internet. Anda tata yang nyaman meja komputer anda, surveylah produk internet yang yang Stabil namun tetap terjangkau dengan dompet anda.

5. Mulailah membuat website& teknik SEO

Gunakanlah teknik SEO yang benar ketika anda membangun sebuah website. Mulai anda baca artikel ini anda harus memiliki Niche Keyword yang tepat. Semisal : Hosting murah, hosting murah unlimited, hosting server USA, dsb. Anda pilih salah satu atau buat sendiri Niche Keywordnya, kemudian anda buka www.google.co.id anda ketikan kata kunci tersebut, semisal : hosting murah, anda lihat ada berapa banyak kompetitor anda dengan kata kunci tersebut. Jumlah penyedia akan terlihat disitu.

* Bila jumlah penyedia masih berada di bawah 5 Juta, berarti anda masih bisa bersaing nantinya untuk mendapatkan ranking di Google. Semakin sedikit jumlah penyedia dengan kata kunci tersebut artinya peluang anda semakin besar. Bila anda menjadi ranking 1-10, maka seketika bila ada pengunjung mencari di google dengan kata kunci tersebut maka situs anda akan di tampilkan di halaman pertama. Dengan munculnya di halaman pertama, pengunjung akan banyak ke situs anda. Anda tebak sendiri…. semakin banyak pengujung , maka penjualan akan terjadi. 🙂

Bila anda menggunakan Joomla settinglah SEO Setting di Global Confguration, kemudian gunakanlah plugin joomla yang berkaitan dengan SEO contohnya Acesef.

Bila anda menggunakan WordPress atur permalink, gunakan plugin2 wordpress seperti All in one SEO, dsb.

6. Promosi

Menjual hosting diperlukan promosi, tanpa promosi maka semua usaha anda akan sia-sia. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah :

– Submit website anda ke Google, Yahoo, MSN ( hubungi kami untuk caranya )

– Promosi Iklan Massal pakai software seperti ini

– promosi Melalui iklan PPC yang bisa anda sesuaikan sesuai Kategori seperti kliksaya.com atau adsensecamp

Yang perlu anda ingat adalah : Hosting merupakan kebutuhan Internet, usahakan berpromosi lebih gencar dan intensif ke Internet. Kalo ada waktu bolehlah anda membuat brosur.

7. Bila hal2 di atas anda lakukan dengan benar. Saya yakin tahun depan anda tinggal duduk tenang santai mengelola hosting anda tetapi uang mengalir terus setiap waktu. Bila sudah berjalan anda juga bisa menyediakan jasa web desain dan pembuatan toko online atau blog.

Sekian dari saya. Bila ingin melihat kebutuhan penyedia hosting Unlimited silahkan kunjungi www.atriumhosting.com

5/5 - (14 votes)
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888