Mengapa Account di Suspend Karena Spamming ?

Spamming bila di jabarkan dalam wikipedia adalah :

Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spamdisebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming

Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spamsurat elektronikspampesan instanspamUsenet newsgroupspammesin pencari informasi web (web search engine spam), spamblogspam wiki, spamiklan baris daring, spamjejaring sosial.

Seluruh provider di Indonesia maupun luar negeri kebanyakan mereka menerapkan system Zero Tolerance , artinya  hal spamming tidak ada toleransi account akan langsung di terminate tanpa ampun.

Terkadang beberapa user mendapati account hostingnya di suspend oleh pihak provider hosting, setelah di tanyakan provider mengatakan bahwa account anda melakukan spam yang sangat banyak.

Tidak semua provider akan melakukan suspend, justru perihal spam biasanya akan lgs di terminate.

Mengapa ?

Krn Kegiatan spam ini sangat berbahaya yang mengakibatkan sbb :

1. Ip dalam 1 server akan di blacklist oleh Spam RBL Provider, sehingga seluruh user tidak bisa mengirim email hanya krn ulah 1 user yang melakukan spam. Bisa di bayangkan bila account anda di biarkan melakukan spam di server tersebut, tentunya user lain akan sangat di rugikan traffic emailnya.

2. Spam yang terus menerus terfilter di Data Center, beberapa data center ada yg menerapkan system 3x opportunity. Sehingga bila telah 3x melakukan kegiatan spamming, provider hosting anda harus angkat kaki mindahin server ke tempat lain.

3. Ada juga beberapa Data Center yang menerapkan system denda, bila account anda di biarkan, provider tempat anda membeli hosting bisa di denda dengan biaya yang tidak murah berkisar antara : $50- $500. Bisa di bayangkan bila hanya karena 1 user melakukan spam, provider hosting anda harus menanggung biaya yang tidak kecil.

Bila anda mendapati kejadian seperti hal di atas, untunglah provider hosting indonesia masih memberikan toleransi untuk anda untuk memperbaiki. Namun bila tidak ada perbaikan barulah biasanya provider hosting anda melakukan suspend permanent.

Pihak yang paling di rugikan oleh kegiatan spamming ini adalah provider hosting anda.

Pertanyaan yang sering di ajukan :

Saya tidak merasa melakukan spam dan saya tidak pernah menggunakan email pada account tersebut, knp saya di tuduh spamming ?

Jawab : Spamming bukan berarti anda yg dengan sengaja dan sadar telah melakukannya, spam ini bisa berasal dari file/script anda yang terdapat bug/security hole, sehingga di inject oleh cracker kemudian di gunakan untuk spam.

Berarti bukan kesalahan saya dong ?

Jawab :

Kesalahan secara sadar tidak. Namun script dan web adalah properti anda yang anda sendiri harus bertanggung jawab penuh terhadap file2 di dalamnya. Sehingga pacth security harus anda lakukan secara rutin untuk mencegahnya.

Apakah bisa kita memperbaiki file yang melakukan spam tersebut ?

Jawab : Bisa, bila terdapat log yg menginfokan folder/path yang melakukan spam akan di infokan oleh provider untuk cek filenya. Namun tidak semua spam bisa di deteksi dengan mudah. Justru terkadang melalui root server mail queue, terlihat email beruntun yang sangat banyak berisi content yang tidak berhubungan dengan web anda.

Bila bisa di infokan folder/patch nya tentu mudah kita tinggal remove. Namun bila di inject ke dalam file yang tidak terdeteksi oleh firewall, inilah seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami.

Bila mmg tidak terdapat log folder/path yg melakukan spam, disarankan sebaiknya.

1. Minta provider hosting anda untuk membuka suspend dan di ikutin dengan cara : zip/compress file di folder public__html, kemudian hapus semua file di public_html kecuali file berextention .zip tersebut sebagai arsip anda.

2. Dengan cara nomor 1, artinya anda tetap dapat menggunakan email secara normal, namun kami sarankan segera mengganti seluruh password email yg terdapat pada cpanel hosting tersebut, termasuk password cpanelnya.

3. Buatlah kembali web nya menggunakan scripts/cms dengan versi baru dengan optimasi security yang lebih baik lagi.

Contoh kecil optimasi cms wordpress adalah : https://blog.atriumhosting.com/mengamankan-wordpress-secara-basic-chmod/

Cara lain bisa menggunakan plugin/modul security.

5/5 - (15 votes)
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888