Prosedur Pindah Hosting yang sering dilewatkan

Pindah hosting dari satu provider ke provider yang lain adalah hal yang wajar karena setiap provider memiliki fitur2 berbeda2, begitu juga dengan kebutuhan client juga berbeda-beda pula , sehingga hal seperti ini menjadi hal yang lumrah apabila menemukan client yang suka berpindah-pindah layanan hosting.

Namun ada prosedur yang harus anda lalui agar tidak terkendala ketika melakukan pindah hosting dan hal ini sering kali dilewatkan oleh client.

Apa saja prosedur pindah hosting yang di lewatkan ?

Panel Hosting

Jadi pastikan panel hostingnya compatible ya … tetapi hal ini biasanya akan di bantu penuh oleh penyedia hosting baru , provider akan membantu anda memigrasikan hosting anda tanpa biaya ( umumnya ).

Panel Hosting ini pada umumnya menggunakan Cpanel / Directadmin , bisa jadi antara provider asal dan baru memiliki panel hosting berbeda, hal ini tidak menjadi masalah apabila menggunakan cpanel/directadmin , krn 2 panel tersebut terdapat fitur converter , sehingga bila hosting sebelumnya menggunakan cpanel , anda akan dimigrasikan ke hosting yang menggunakan Directadmin . Jadi problem ketika panelnya selain cpanel atau directadmin, apalagi tidak memiliki fitur converter, maka migrasi dilakukan secara manual , yaitu mendownload file di public_html dan juga mendownload database lama , kemudian upload di provider baru.

Lebih aman lagi bila web anda berbasis CMS seperti wordpress , mudah sekali melakukan migrasi web anda dari hosting lama ke hosting baru, karena sudah tersedia plugin untuk migrasi web wordpress.

Masa Aktif Domain

Masa aktif domain ini penting , umumnya yang terjadi adalah ketika client memindahkan layanan hosting , umumnya juga memindahkan domainnya juga ( meskipun tidak selalu ) .

Domain tidak harus mengikuti kemanapun layanan hosting nya , domain dan hosting bisa di beli di tempat terpisah .

Sebelum anda juga memindahkan domain anda, pastikan masa aktif anda masih lumayan mencukupi , misal 10 hari sebelum expire adalah waktu yang pas , jgn sampai di detik-detik terakhir domain expired , anda melakukan transfer domain ke tempat lain . Apabila lancar memang bisa-bisa saja dilakukan , namun adakalanya transfer domain itu gagal, dan ketika gagal domain anda sudah terlanjur expired. Akhirnya mau tidak mau domain harus di perpanjang di tempat lama.

Hal Penting tentang domain :

Apabila anda hendak melakukan pindah hosting dan sekaligus pindah domain , jangan sampai anda lakukan bersamaan ya guys , begini contohnya :

Anda melakukan order hosting di kami yang digunakan untuk pindah hosting, sekaligus memindahkan domainnya ( transfer domain ). Ketika ini di proses bersamaan , domain yang sudah di proses, tidak dapat diganti NS nya , alhasil , selama 7 hari anda tidak bisa mengganti NS dan domain tetap mengarah ke server hosting yang lama .

Baiknya bagaimana ?

Ketika akan melakukan pindah hosting sekaligus memindahkan domainnya , informasikan ke penyedia hosting baru sbb :

Contoh : Mohon proses pemindahan hostingnya dulu , dan informasikan NS nya untuk kami ganti di panel domain lama agar mengarah ke server baru . Setelah kami ganti NS nya , nanti saya infokan kembali untuk proses domain transfernya .

Dengan menginformasikan hal di atas, anda ada kesempatan untuk mengganti NS ( name server ) domain anda , sehingga setelah di pindahkan , domain langsung LIVE di server baru .

Sepele bukan? tapi ini penting untuk anda ketahui .

Masa Aktif Hosting

Melakukan cek masa aktif hosting ini juga penting , mohon di ingat bahwa proses pemindahkan data / migrasi ini ada yang cepat dan ada yang lambat , jangan sampai anda memindahkan hosting mendekati H-1 atau H-2 sebelum layanan hosting anda jatuh tempo , apalagi ketika layanan hosting anda sudah statusnya : SUSPENDED , ini tidak mungkin bisa di lakukan migrasi hosting. Lebih baik anda siapkan waktu cukup 5-7 hari sebelum jatuh tempo, dan lakukan di hari kerja.

Selebihnya anda bisa selalu kontak provider hosting baru atau Atrium Hosting untuk konsultasi perihal migrasi ini.

5/5 - (36 votes)
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888