Perbedaan WordPress.org VS WordPress.Com

wordpress-com-vs-wordpress-org

Bagi orang yang masih baru di dunia  online, blogging dan website, pada awalnya akan bingung ketika di hadapkan oleh perbedaan pada wordpress.org dan wordpress.com . Apabila bila anda newbie ngobrol dengan senior tentang cara membuat website, begitu anda mendengar “wordpress” maka anda akan menyimpulkan bahwa wordpress itu hanya 1. Nah mari kami jelaskan detailnya supaya tidak bingung 🙂

WordPress tidak hanya 1 saja, wordpress ada 2 jenis :

  • On-Hosted ini pada WordPress.com

Ketika anda mendaftar di WordPress.com anda akan memiliki alamat url di belakang kata wordpress.com misal : blogkamu.wordpress.com ,

Dengan WordPress.com FREE, anda hanya akan mendapatkan url seperti di atas, yaitu di belakang domain wordpress.com

Untuk menjadikan menjadi domain anda sendiri, di kenakan biaya :

Domain Mapping Sekitar 14 USD

Domain bila beli di wordpress.com 24 usd

( harga ini relatif ya, krn kebijakan wordpress kadang bisa berubah )

Kelebihan : bila anda ingin sebagia blogger yang tidak mau repot dan tidak peduli dengan url ( address url ) dan tidak perlu maintenance, wordpress.com adalah pilihan yang cocok untuk anda. Karena semuanya ready made dan semua orang tau anda menggunakan blog gratis. Anda tidak dapat merubah2 plugin semau anda, dan themes juga yang sudah disediakan saja, tidak bisa di utak-atik.

 

  • Self-Hosted –> WordPress.Org

Di sisten self-hosted ini sering digunakan oleh orang yang tidak puas dengan hal yang monoton dan kaku pada sebuah blog/website. Bila anda ingin membuat web/blog menggunakan wordpress.org anda cukup membeli paket hosting dan domain saja. Bila ingin membelinya cukup order saja di :

https://atriumhosting.com/web-hosting/personal-hosting/

Setelah order domain dan hosting , anda akan mendapatkan akses cpanel, carilah Softaculous Auto Installer. Anda bisa install Script dari WordPress.org dari installer tersebut, anda tidak perlu capek2 download dari situs resminya.

 

Dengan menggunakan Self-hosted wordpress.org, anda akan memiliki url dengan domain utama sesuai keinginan anda tanpa sub domain , sehingga nama url anda akan lebih bagus , krn merupakan domain utama dan anda sendiri yang pilih.

Kelebihan : Dengan wordpress.org anda bisa utak atik , dan install plugin/ themes sesuka hati anda di sesuaikan dengan kebutuhkan fitur website anda, anda juga bisa membeli themes premium di Themeforest  atau tetap menggunakan themes gratisan namun anda custom sesuai keinginan anda. Self Hosted ini lebih di pilih customer yang ingin berkreasi membuat website/blog sesuai keinginan, memodifikasi dsb. Anda bebas berkreasi dengan website anda.

Kelemahan : kelemahan mmg lebih repot sedikit, krn mesti install ini dan itu, namun kelemahan ini sangat sepele dan anda akan dengan cepat mempelajarinya, asal serius untuk belajar.

Ok sekarang anda sudah tau kan perbedaan dari WordPress.com VS WordPress.org

 

 

 

 

Rate this post
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888