Cara Cek Web kita menuju ke IP server mana

Apakah anda sudah mengetahui cara cek web kita menuju ke IP server mana ? Apabila belum mengetahuinya kami akan jelaskan pentingnya cara ini untuk pekerjaaan sehari-hari anda dalam mengelola web anda dan server.

Mengetahui Ip sebuah server itu penting, kelihatannya sepele namun sering kali hanya karena permasalahan IP atau cache DNS kita dapat berselisih paham , bersitegang dengan rekan dan provider kita.

Contoh case kita harus mengetahui cara cek web kita menuju ke Ip server mana adalah sbb :

Case 1 : anda pindah hosting dari provider A ke provider B

Case 2 : anda tetap menggunakan DNS yg sama , namun servernya saja yang di ganti sehingga anda mengganti A record di dns management domain anda ke IP server baru.

Di 2 case di atas, hal ini sering kali di perdebatkan , krn ada 1 hal yang dilewatkan adalah :

  • Kecepatan Propagasi DNS dari perubahan tersebut kemudian tersebar ke DNS Global

Kami berikan penebalan huruf ya di atas , krn ini penting , proses propagasi DNS ini bervariasi : ada yg 5 menit selesai, ada yg 15 menit , bahkan ada yg 4 jam dan 24 jam .

Ketika anda baru saja mengganti IP atau Name Server di Domain anda , jangan terlalu terburu2 melakukan cek web anda via browser dalam waktu dekat , krn hal Kecepatan Propagasi di atas ya … cek kembali setelah 30 menit adalah lebih baik.

  • Hal penting lainnya adalah Cache Browser dan DNS Resolving ISP anda

Kami berikan juga penebalan pada kalimat di atas, krn meskipun Propagasi DNS sudah selesai secara global misal 30 menit, jangan lupa browser kita juga menyimpan cache , + ISP kita juga mememiliki DNS Resolving yang bervariasi pula. Makanya jangan heran ketika anda mengganti IP atau Name Server, halaman web anda tidak berubah , seakan2 IP atau Name server belum di ganti dan ini menjadi pertengkaran anda , krn anda menganggap belum berubah, namun itu hanya Fatamorgana Cache , seakan2 web belum berubah , namun kejadian real nya adalah IP sudah menuju ke server baru .

Nah untuk memudahkan anda memantau Web anda menuju ke Ip server mana coba tool berikut :

Masukkan domain website anda,

Silahkan masukkan domain anda, web anda akan di cek dari berbagai negara.

Tools di atas sering kami pakai di AtriumHosting dalam pekerjaaan sehari-hari, anda juga bisa menggunakannya untuk menjadi customer yg smart dapat melakukan cek web anda menuju ke server mana .

Selamat mencoba !

Rate this post
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888