Jangan Menggunakan Email Bawaan Hosting !

Kalimat di atas terlihat kejam dan terlalu sadis ya 🙂 he he he , namun judul di atas adalah sesuai realita saat ini yang terjadi yang kita sadari atau tidak , itu adalah benar adanya .

Mengapa kita jangan menggunakan email bawaan hosting ? Silahkan membaca penjelasan di bawah ini :

Email bawaan hosting sebenarnya tidak di rancang untuk system delivery email yang baik , dimana email delivery yang baik ini harus memenuhi unsur sbb :

  • IP Clean
  • Inbound Anti Spam
  • Outbound Anti Spam
  • Relay IP

Kalo bicara IP Clean hal ini susah di dapatkan bila anda menggunakan shared hosting karena shared hosting menggunakan 1 atau 2 IP yang digunakan bersamaan ratusan bahwa ribuan user lainnya dalam 1 server , dengan adanya pemakaian shared IP dan shared Server ini , tentunya juga banyak malware sejenis upload yang masuk melalui website klien2 lainnya dalam 1 server, terkadang ada 1 user di dalam server yang sama , script nya terinject malware dan mengirimkan spam email ke server lain , kemudian IP tersebut di block oleh Spam Provider berbasis IP misal : spamhaus, spamcop, abuse CBL dsb masih banyak di luar sana . Karena yang terblokir IP yang digunakan bersama2 dengan user lainnya, hasilnya seluruh email yang terkirim dari server yang sama juga akan terblokir. Nah inlah sebabnya anda mengirim email kalo tidak masuk spam , kadang juga di reject oleh email tujuan anda. Jadi bila anda menggunakan email bawaan untuk bisnis penting , berarti anda berani mempertaruhkan reputasi anda untuk email anda tidak sampai ke tujuan .

Bagaimana dengan Inbound Anti Spam ? sebuah shared hosting biasanya cuma memiliki inbound anti spam umumnya yang digunakan adalah SpamAssasin , lebih banyak juga yang tidak menggunakan . SpamAssasin OK untuk digunakan , namun ini adalah FREE , sehingga kita tidak bisa komplain apabila tidak maksimal dan email spam tetap masuk , krn semuanya berbasis Free dan tidak maksimal.

Kemudian Outbound Anti Spam ? ya ini juga teramat sangat penting fitur ini tidak ada di shared hosting lho … inbound OK mmg ada, kalo Outbound / Outgoing menurut kami 90% tidak ada yang menggunakan di shared hosting biasa. Fitur ini penting , krn fitur ini akan stop email yang keluar dari server ketika terdeteksi ada pengiriman email massal spam dari server tersebut, sehingga menjaga IP server tidak masuk blacklist spam provider. Di shared hosting umumnya hal ini tidak ada, script yang terinject malware biasanya akan terus bekerja , paling cuma terdetect Firewall saja , namun akan terus jalan , dan harus di stop manual ketika pemilik server mendeteksi sesuatu. Nah tindakan ini biasanya sudah terlambat krn terlanjur di block spam provider .

Trus apa itu Relay IP ? Di shared hosting dan email bawaan anda , krn sedari awal mmg tidak di rancang untuk Email Hosting , maka fitur ini biasanya dan pastinya tidak ada. di shared hosting akan menggunakan IP yang sama untuk website dan IP yang sama pula untuk mengirim email , bila Ip ini di blokir , maka selesai sudah layanan email anda. Pengiriman email anda akan mengalami gangguan seterusnya , dan root harus request ke spam provider untuk mengajukan whitelist ke spam provider dan ini tidak gampang perlu bukti dsb, ada yg berbayar pula, dsb . Urusan akan menjadi ribet bet bet.

Ini tidak seperti layanan email kami di :

Di layanan kami diatas, kami menjual layanan email yang berbeda terpisah dari layanan shared hosting , dan server email kami hanya di rancang dengan untuk traffic email saja dengan fitur2 di atas yang kami sebutkan di atas.

Dan yang terbaik adalah RELAY IP server kami terdiri lebih dari 250 IP relay server yang tersebar di seluruh dunia , sehingga setiap mengiriman email dari layanan ini akan secara random menggunakan IP relay berbeda2 dengan fitur spam dsb , dan jaminannya IP relay ini akan selalu bersih dari Blacklist Spam Provider.

Manfaatnya adalah : Email anda akan terkirim 100% sampai ke email tujuan tanpa reject, dan masuk INBOX email tujuan . Komunikasi bisnis anda akan berjalan dengan baik tanpa hambatan seperti sebelumnya.

5/5 - (5 votes)
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888