Pengaruh Lokasi server dengan SEO

Lokasi server sering di kaitkan dengan SEO, bila dulu kami akan mengatakan Iya 100% , karena di saat itu layanan seperti CDN tidak ada, layanan DNS Geolocation atay anycast dns tidak ada , dan web server di jaman dulu sudah tidak secanggih saat ini , seperti contohnya apache , litespeed , nginx dsb saat ini web server tersebut telah menjadi lebih canggih dan lebih baik.

Selain hal tersebut di jaman dulu plugin2 cache tidak seperti sekarang ini yang luar biasa perkembangannya membantu website kita lebih tercompress dengan baik sehingga proses loading akan lebih cepat.

Bila pertanyaan SEO di kaitkan dengan lokasi server di tanyakan pada tanggal posting ini di muat, Apakah lokasi server berpengaruh ke SEO ? untuk saat ini kami kan menjawab 60% IYA sisa nya 40%TIDAK. Kami jawab iya 60% krn latency tetap tidak bisa bohong , krn semakin dekat server hosting anda dengan target market anda, maka latency anda akan lebih baik ke negara yang menjadi target tersebut.

Kami menjawab 40% tidak berpengaruh, krn saat ini web server, dns , plugin cache sudah sangat canggih, jadi ketika anda menggunakan server di luar negara tujuan target anda, web anda tetap akan cepat di akses karena teknologi tersebut, hanya saja mmg ada biaya yang di keluarkan misalkan , layanan hosting yang menggunakan fitur yang kami sebutkan di atas, menggunakan CDN , plugin cache premium dsb .

Jadi yang menjadi persoalan dalam pemilihan lokasi server saat ini adalah Latency Ping target visitor anda ke website.

So kesimpulan dari artikel ini adalah :

Bila anda menggunakan website yang memang fokus untuk target lokasi server negara tersebut, dan 100% pasar anda adalah negara / continent / benua tersebut, maka pilihlah lokasi server yang dekat.

Misal : anda 100% cuma menyasar visitor dari Eropa saja , maka pilihlah server Eropa , krn mereka akan dapat membuka website anda dengan loading yang sangat cepat.

Bila anda memiliki blog dengan target pasar secara global , alias seluruh dunia, pilihlah lokasi server USA, krn server usa ini meskipun tidak cepat , tapi relatif stabil di seluruh negara latency dan loadingnya .

Bila web anda adalah website profile saja , terserah kami ditempatkan dimana , ga ngaruh … 🙂

Bila target visitor anda adalah Asia , termasuk Indonesia , pilihlah server Singapore

( lho knp ga Indonesia aja )

Begini , info terakhir admin sudah melakukan test bersama teman2 di berbagai negara untuk mengetes salah satu web kami yang ada di Indonesia dengan menggunakan shared hosting murah , ternyata ketika di buka di luar negeri hasilnya masih sangat lambat sekali krn international bandwidth yang kecil .

Ketika kami ingin mendapatkan kecepatan yang setara dengan singapore, kami harus mengeluarkan dana yang lebih di karenakan harus nambah dedicated bandwidth dan solusi lainnya menggunakan shared hosting yang khusus di tempatkan server berbeda dengan biaya lebih mahal .

Akhirnya tidak perlu menambah biaya apa2, kami tempatkan website di server singapore dan membuka dari London , rekan kami mengatakan bahwa server singapore memiliki performance yang lebih baik dan enak di buka dari negara lain .

Bukannya tidak nasionalis dsb ya , admin hanya menyediakan hasil test dan kemauan customer saja dalam hal ini. Mengapa kami tidak merekomendasikan server indonesia krn alasan tersebut saja. (Disclaimer )

Di Atrium Hosting kami memiliki layanan hosting dengan lokasi server tersedia sbb :

  • Los Angeles USA
  • Singapore – Asia
  • London – UK
Rate this post
Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888