Akun Google Dinonaktifkan Tanpa Alasan yang Jelas

Pada tanggal 20 Juli 2022 kami membaca di sebuah media online , atau biasa yang di sebut media konsumen dengan judul berita di atas : Akun Google Dinonaktifkan Tanpa Alasan yang Jelas , di portal tersebut konsumen mengeluhkan akun gmail nya tidak dapat di akses dan akhirnya di non aktifkan secara total karena di anggap di emailnya mengandung konten yang berbahaya.

Sebaliknya konsumen tidak merasa bahwa dia melanggar ketentuan apapun , dan meminta di tunjukkan kesalahannya yang valid mengapa dia di anggap melanggar dan meminta bukti pelanggaran tersebut.

Anda bisa melihat url secara langsung di link sbb :

https://mediakonsumen.com/2022/07/20/surat-pembaca/akun-google-dinonaktifkan-tanpa-alasan-yang-jelas

Setelah di melakukan appealing ke google, akun gmail nya tetap tidak dapat di pulihkan kembali dan akhirnya menulis keluhan di Media Konsumen meminta bantuan Google Indonesia.

Hal ini sebenarnya banyak terjadi hanya saja beberapa yang ter expose ke media

====================

Ok sampai disini kami tidak membahas bagaimana kelanjutan komplainnya dan kami juga tidak tau bagaimana kelanjutannya anda bisa langsung cek ke link di atas.

Dalam postingan ini bukan melihat jalan penyelesainnya, namun kami akan membahas hubungan sebab akibat dan dampaknya bila kita mendapatkan peristiwa tersebut dan apa solusinya .

Ya akun gmail atau akun apapun akan dengan mudah di disable / di non aktifkan, krn mereka mememiliki Artificial Inteligent ( AI ) dalam bentuk algoritma yang akan melakukan suspend otomatis bila memenuhi unsur dalam rule yang telah di tetapkan , sehingga algoritma ini kadang bisa postif kadang juga false-positif dan terkesan kaku.

Apabila akun Gmail ini atau akun email yang anda gunakan di non aktifkan dampaknya adalah :

EMAIL TIDAK BISA DIGUNAKAN

Ya email anda tidak bisa digunakan , parahnya adalah bagaimana kalo :

  • Email digunakan untuk Internet banking
  • Email digunakan untuk bisnis
  • Email yang digunakan itu bersamaan dengan google drive , isi dari data meliputi foto, dokumen penting , dsb
  • Email digunakan untuk seluruh akun yang pernah anda register kan

Inilah akibat dari Gmail yang di non aktifkan , krn gmail ini biasanya digunakan oleh siapa saja, bahkan smartphone Android anda saja pasti menggunakan gmail kan 🙂

Memberikan informasi seperti ini namun tidak memberikan solusi adalah kurang nyaman , untuk itu kami berikan solusinya adalah sbb :

Apabila anda menggunakan email penting , sebaiknya anda menggunakan :

EMAIL HOSTING + CUSTOM DOMAIN

Anda tetap bisa menggunakan email hosting dari google berbayar misal Google Workspace namun dengan domain milik anda sendiri , artinya tidak menggunakan @gmail , seperti halnya kami menggunakan email dengan domain sendiri @atriumhosting.com, so bila suatu saat kejadian seperti yang di alami konsumen di atas, anda cukup pindah ke provider lain menggunakan email hosting yang bukan milik google dengan domain yang sama pula.

Ini adalah langkah aman , krn kendali domain di email anda tidak berubah , dan domain ini harus anda renew setiap tahun dengan harga yang tidak mahal .Meskipun mengeluarkan biaya , posisi anda aman untuk ini.

Semisal ada kejadian anda tidak bersalah namun tetap di non aktifkan dengan domain tersebut, anda bisa menggunakan Email Hosting selain milik google misal : MX Suite DA,

Jadi kesimpulan & Saran :

Penyedia email gratisan memang lebih ketat dari berbayar , apapun alasan anda saran paling bagus adalah memiliki email hosting berbayar dan juga menggunakan domain milik anda sendiri.

Konsultasi perihal produk ini bisa kontak Customer service kami di Atrium Hosting

Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888