Cloud Hosting Paling Aman

Sebuah Cloud Hosting akan menjadi layanan yang luar biasa ketika memenuhi kebutuhan dam spesifikasi web /blog kita , kenyamanan dalam menggunakan juga keamanan layanan cloud hosting itu sendiri.

Sering kali ketika kita memilih / membeli layanan cloud hosting hanya sebatas karena harganya yang murah atau CS yang ramah, atau bahkan karena banyak yang menggunakan . Sebenarnya bukan hanya itu saja karena racikan server cloud hosting dari setiap provider cloud hosting itu berbeda2 racikan dan ramuannya .

Kita tidak bisa mengatakan bahwa semua layanan cloud hosting sebuah provider A itu lebih baik dari Provider B hanya krn melihat harga murah dan CS yang ramah , karena bisa saja tidak aman . Begitu juga sebaliknya , kita tidak bisa menyebut cloud hosting itu sangat aman , krn belum mengalami tidakan deface atau hacking , atau di bilang aman krn harganya mahal meskipun itu ada benarnya karena keamanan membutuhkan biaya yang tidak murah.

Keamanan itu biasanya berbanding terbalik dengan kenyamanan . Apabila anda ingin cloud hosting yang aman , harus ada teknologi dalam server cloud hosting, menutup celah2 keamanan yang mungkin terjadi, hal inilah kadang juga sangat merepotkan , mungkin saja anda pernah mengalaminya ,ketika setting ini itu terkendala script tidak dapat di proses karena tersangkut WAF Firewall.

Untuk memperoleh tujuandari judul postingan kali ini ” Cloud Hosting Paling Aman ” ada cara2 yang harus di penuhi , ini menurut Atrium Hosting yang sudah ada sejak 2008 , yang sudah terlibat dalam dunia cloud hosting sampai dengan saat ini harus memenuhi kriteria sbb :

  • Provider Action
  • User Action

Tanpa adanya 2 pihak yang terlibat dari yang kami sebutkan di atas , maka Istilah Cloud Hosting Aman tidak akan pernah terwujud .

Provider Action

Provider cloud hosting harus memahami bahwa server hosting yang digunakan adalah untuk banyak user, berbeda dengan server pribadi yang hanya digunakan untuk kalangan sendiri /web / blog kita sendiri , sehingga lebih mudah memanage keamanannya.

  • Menciptakan Environment sejenis karantina per akun hosting dalam 1 server, sehingga tidak memungkinankan adanya hacking dengan teknik jumping antar akun cloud hosting , untuk mencapai ini provider harus menyiapkan OS berbayar yang disebut sebagai Cloud Linux OS karena ada fitur CAgeFS.
  • Menggunakan Firewall dan menutup port yang tidak diperlukan , hal ini bisa diwujudkan dengan Mod_security dan Firewall yang masih bisa di dapatkan secara gratis, namun tidak bisa asal pasang , CSF dan Mod_Sec ini harus di optimasi dan di sesuaikan dengan app website milik klien.
  • Anti Malware/Virus, Untuk free provider bisa menggunakan ClamAV , namun sejauh pengamatan kami ClamAV tidak efektif untuk mencegah adanya malware,inject pada website masa kini . Software yang saat ini mumpuni adalah IMUNIFY360 dengan custom setting akan mencegah adanya inject malware dan virus serta secara berkala otomatis melakukan scanning dan memblock malware bila ada
  • Backup. Pada umumnya provider membackup server mereka , hanya sedikit yang tidak melakukan backup cloud hosting secara berkala , untuk free bisa menggunakan FTP yang sudah ada pada panel hosting , namun FTP ini terlalu basic dan akan memakan banyak sumber daya ketika melakukan proses backup , baiknya menggunakan external yang berbayar seperti JETBACKUP , kinerja server akan lebih ringan , dan jumlah cadangan backup dapat di atur daily, weekly dsb .

User Action

Teknologi dan keamanan apapun akan menjadi sia2 apabila user tidak ikut berperan aktif dalam pencegahan dan cenderung merasa bahwa server aman.

Website saat ini kebanyakan menggunakan CMS open sources, dimana plugin,theme dan core script nya di optimasi oleh komunitas international dan developer themes atau plugin itu sendiri.

Sebagai user juga harus aware akan hal2 sbb :

  • Melakukan update apabila CMS Version yang baru telah tersedia
  • Melakukan update theme dan plugin dengan versi baru
  • Menambah plugin keamanan dan menutup celah keamanan web lainnya.

Catatan :

Di Atrium Hosting kami telah menyediakan semua itu termasuk software Imunify360, JetBackup, Mod_sec, Cloud Linux CageFS , dsb , Sehingga anda layanan cloud hosting yang anda order di Atrim Hosting akan lebih aman dan nyaman dengan pengalaman kami sejak 2008.

#cloudhostingaman #cloudhosting #cloudhostingsingapore #cloudhostingindonesia #atriumhosting #cloudhostingterbaik

5/5 - (2 votes)
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888

Exit mobile version