Hosting Full Backup Penting kah ?

Berbagai macam harga hosting murah yang sering kita temui di jagat internet kita , mulai dari yang termurah sampai dengan termahal dengan fitur yang berbeda-beda pula.

Dalam memilih layanan hosting ada hal yang penting yang perlu anda perhatian sebelum membeli layanan hosting murah ini , hal yang penting yang kami maksud adalah Backup .

Backup ini seperti hal sepele, mayoritas customer ketika di tawarkan fitur ini , 98% selalu di skip ketika di sajikan dalam bentuk form order optional , customer menganggap bahwa ini ga penting dan menambah biaya menjadi lebih mahal .

Ketika terjadi sebuah insiden semisal :

  • Kesalahan Edit web
  • Conflict Plugin website
  • Terkena Hack
  • Malfunction PHP
  • Provider Hosting Tutup Usaha
  • Penyedia jasa web design tidak dapat dihubungi kembali

Ketika kejadian tersebut terjadi , wow … umumnya customer akan mati2an mendapatkan fitur ini berapapun biayanya , meskipun di awal tidak mengambil fitur backup ini 🙂

Di sini tidak menyalahkan siapa2 untuk hal backup ini , namun mulailah dari sekarang ketika anda mencari layanan shared hosting ini jangan lupa untuk melihat fitur ini dalam shared hosting anda.

Fitur Backup ini ada bermacam2 jenisnya ya

Local Backup

Local backup ini adalah backup berkala bisa harian , mingguan atau bulanan yang umumnya sudah termasuk dalam setiap paket shared hosting anda. Namun kelemahannya bila server mengalami crash, seluruh data di dalam server juga akan hilang dan tidak dapat di recovery.

External Backup

External backup ini di nilai menjadi backup terbaik saat ini , krn backup di tempatkan di server terpisah , artinya tidak berada di server yang sama. Backup di generate daily, weekly atau monthly di server itu sendiri kemudian di kirim ke server lain via : FTP, Rsync , jetbackup, dsb . Meskipun ini terbaik , jangan lupa backup jenis external ini juga akan membuat layanan hosting jadi lebih mahal lho … mengapa ? krn harus menyiapkan server lagi dengan storage besar untuk website2 anda dan website user lain dalam server tersebut.

Ini adalah hal yang wajar , krn provider menjaga data anda tetap aman , sehingga semisal terjadi bencana seperti tempo hari DATA Center terbakar di jakarta, ada tersedia backup di data center lain , sehingga data web anda tidak hilang.

Dalam hal apa saja kita harus membackup hosting kita ?

Kalo layanan shared hosting anda sudah menyediakan backup , jgn terlalu senang , krn kita tidak tau jenis backup mereka , jadi tetap lakukan backup secara mandiri ketika :

  • Rutin backup manual via panel hosting , waktu terserah anda ketika ada waktu senggang, baiknya backup pada hari minggu tengah malam , lakukan saja rutin , dan download file backup nya ya , jgn di biarin di dalam server 🙂
  • Lakukan backup website anda ketika hendak melakukan editing website / revisi content website
  • Lakukan backup ketika hendak update plugin / themes untuk mencegah adanya kerusakan data akibat kesalahan kita sendiri.

Dengan melakukan hal2 di atas, kita akan terhindar oleh hal2 yang tidak kita inginkan seperti : server crash, terbakar, kelalaian atau krn hacking .

Atrium Hosting dalam hal ini menggunakan Weekly Backup External ke server lain , untuk mencegah hal ini , sehingga dengan menjadi customer Atrium Hosting, anda akan lebih nyaman memiliki website.

Admin Staff
  • Admin Staff
  • Bila anda membutuhkan layanan seperti :
    - Hosting
    - Domain
    - VPS / Dedicated Server
    - Email Hosting , Google Workspace
    - Reseller Hosting

    Silahkan lgs ke web kami di AtriumHosting.Com
    WhatsApp Center : 081237908888
    Live Chat Website
    Telegram : 081237908888